Bandara Juanda, Keamananmu Nol Besar!

Saya pernah ‘kehilangan’ laptop ketika berada di bandara Juanda. Laptop saya memang kembali. Tapi yang jadi catatan kekecewaan saya terhadap pelayanan publik disini benar benar tidak mudah dilupakan. Memalukan.

Saat itu saya sedang check in dicounter pesawat. Karena terburu2, saya lupa untuk membawa tas laptop yang saya letakkan di depan meja counter. Ketika saya sadar tas laptop ketinggalan, saya segera kembali. Benar dugaan saya : tas saya hilang. Saya coba tanyakan pada petugas counter, namun hanya gelengan kepala dan sikap tidak simpatik yang saya dapatkan.


Karena sikap petugas yang tidak jelas, secepatnya saya menuju ke security post. Saya bertemu seorang petugas security muda yang menurut penilaian saya amat sangat tidak cakap. Dari sejak saya menyampaikan laporan, hingga interogasi, total waktu utk administrasi saja sekitar 10 menit. Gila kan. Sampai mana tuh pencuri laptop dgn waktu 10 menit. Dan saya (dengan arahan petugas, tentu) masih asik menjawab pertanyaan2 geje. Selesai menjawab pertanyaan, ada satu petugas lagi datang bawa laporan dengan wajah bingung,

‘Waduh pak, jangkauan cctv nya ga nyampe di depan counter, jadi ga kerekam siapa2 disana’. Ngoook
‘Terus, bagaimana dong?’ jawab saya.
‘Gini aja pak, tinggalkan nomer telpon, nanti kami hubungi kalau ketemu’ jawab si petugas.
‘Lha, jadi saya diminta pasrah nih?’ lanjut saya. Asli, saat itu saya yakin bahwa di terminal juanda ini ada gada cctv pun sama saja.
‘Oke, gini aja, saya masih ingat wajah 2 orang dibelakang saya. Bagaimana kalau kita ke ruang tunggu didalam dan menanyai mereka?kan masih ada 20 menit sebelum masuk pesawat?’ tawar saya.
‘Waduh susah pak, harus lapor komandan dulu’ jawab petugas.
‘Yaudah cepet lapor’ jawab saya ga sabar.
Andaikata si komandan pun geje seperti anak buahnya, saya bertekad akan temui manajer maskapainya saja. Kalo pesawat delay 2-4 jam aja saya ga pernah protes ke dia, masak minta waktu 10 menit buat cek penumpang aja ga boleh.

Semenit kemudian, sang komandan datang. Ketika saya utarakan ide untuk memeriksa penumpang, mukanya sama bingungnya kyk anak buahnya.
‘Susah pak’ katanya.
GILA! Pelayanan macam apa ini! Jelas2 waktu boarding pesawat masih lama dan laptop saya bukan barang dengan kategori mikro ataupun gaib. Waktu itu saya benar2 muntab. Ini security jelas perlu disunat dan ditraining lagi. Mekanisme pencarian barang hilang ternyata HANYA laporan administrasi dan himbauan untuk IKHLAS. Kenapa gak at least mencoba untuk mengusahakan memeriksa ruangan, bukannya pasang tampang melas dan menyerah. Bisa anda bayangkan, itu sekelas bandara Juanda. Jangan dibayangkan untuk terminal bus, stasiun kereta api, apalagi pasar loak.

Saya hampir keluar dari ruangan kumpulan security cap keroco ini ketika tiba2 ada satu security gendut datang sambil mengangkat tinggi2 tas laptop saya dan meneriakkan ‘I am herooo, yes I am heroooo’. Saya melongo. Bener2 gila ni orang.

Dengan hati setengah dongkol setengah bersyukur, saya ambil tas itu, mengucapkan terima kasih dan segera pergi.

Total waktu dr kehilangan tas, tas ditemukan (saya tidak tahu siapa yang menemukan) dan diberikan ke security, hingga kembali ketangan saya total 30 menit. Tanya kenapa?

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

8 thoughts on “Bandara Juanda, Keamananmu Nol Besar!

  1. I am heroooo…

    Wkwkwkwk.. Mosok ngomong ngunu Wil?

    Tapi emang sih, di negara ini, kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri (dan teman dekat saja) dalam setiap situasi. Ndak bisa mengandalkan personel/institusi yang digaji buat “melayani dan melindungi”.

  2. sumpah aneh banget. tp bener sing paling aneh yo “I’m heroooo”.
    tak kiro lingkungan dalam bandara iku salah satu sing paling aman sedunia. hahahaha
    petugase keren iku mas wes ngerti ilmu ikhlas. haha

    1. iya, makanya aku ga terlalu khawatir waktu tau ilang. Come on, that was airport. Tapi ya ternyata mengecewakan. Semoga kita semua bs lebih baik lagi kedepan. Amin.

  3. Makanya jgn teledor…
    Brg segitu gedenya bisa ketinggalan..
    Uda dtemukan masih aja jelek2in org laen… Aplgi ilang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s