Wellhead platform installation (1)

Tidak sesangar judulnya, ternyata instalasi wellhead platform tidak serumit yang dibayangkan. Mungkin lebih rumit aliran dana century yang sampe sekarang ga jelas juntrungnya 😛

Kebetulan kali ini saya dapat bagian untuk mengerjakan instalasi wellhead platform. Bislot platform (ada dua slot well). Berat platformnya sendiri “hanya” sekitar 9 Ton. Keciiiil sekali. Jadi prosedurnya amat sangat tidak rumit.

Berikut log-historynya :

1. Survey lokasi dan positioning.

Ini adalah hal yang amat krusial dalam instalasi. Kesalahan fabrikasi selalu saja bisa diatasi dilapangan. Misal painting yang kurang sempurna atau welding yang kurang baik. Selalu bisa diatasi. Tapi apabila lokasi yang salah, maka siap-siap dihajar kanan kiri karena salah lokasi berarti mengulang dari awal. Selalu pastikan letak lintang dan bujur dari bacaan GPS agar tidak menyesal dikemudian hari (halah). Hahahaha.

2. Temporary template setting

Setelah yakin lokasi dan posisi sudah ok, maka dilanjutkan dengan set up temporary template. Penggunaan template ini bertujuan agar positioning conductor dan pile tepat pada lokasi yang ditentukan. Template ini memiliki 4 pile yang mencegah bergesernya template selama proses penetrasi dan driving.

3. Instalasi conductor pile

Penetrasi conductor pertama segera dilakukan setelah setting template selesai. Yang perlu diperhatikan, untuk proses jointing antara conductor pertama dan berikutnya, dipersiapkan scaffolding pada ketinggian sekitar 3-4 meter dari SWL, agar ketika air mulai pasang, diharapkan tidak sampai mencapai area kerja.

Karena saya kebagian instalasi di daerah rawa-rawa, maka digunakan vibro hammer. Prosesnya cukup cepat, sekitar 10 menit untuk 12 meter pile.

4. Instalasi platform pile

Instalasi pile juga menggunakan vibro hammer. Setelah semua pile driving selesai, tim survey segera bergerak untuk menandai (marking) level yang dibutuhkan agar platform baru ini memiliki top level yang sama dengan platform lainnya dalam satu cluster. Setelah dipastikan level yang dibutuhkan, tim fitter kemudian mengeksekusi memotong pile. Proses ini juga termasuk surface preparation (bevelling, grinding)

5. Removal temporary template

Apabila semua pile telah siap, maka proses selanjutnya adalah mengangkat temporary template agar tidak mengganggu proses mating pile dan platform leg.

cont…

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

5 thoughts on “Wellhead platform installation (1)

    1. paku bumi?pile maksude?
      pile=pipa panjang yang ditancapkan ke dalam tanah sebagai tiang penyangga bangunan diatasnya

  1. Pye kabare mas wild, pasang paku bumi lah pasang apa aja lah tapi jangan lupa pesan untuk menancapkan cintamu dalam-dalam untuk Sang Maha Cinta dengan jalan mencintai kepada yang akan kamu cintai demi menjalankan tugas suci dari Sang Maha Cinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s