Wellhead platform installation (2) – Finish

Image
Platform Lifting Process

6. Mating Pile dan Platform Leg

Karena berat yang sangat ringan, proses lifting ini bahkan tidak memerlukan prosedur dan permit khusus. Cukup diangkut dengan crane kapasitas 200T saja sudah amat sangat memadai. Proses mating antara platform leg dengan pile juga relatif cepat. Bagaimana tidak, kita hanya memastikan agar stabbing leg tersebut bisa pas masuk kedalam top pile.

7. Adjustment dan Fit Up

Segera setelah keempat leg platform duduk diatas pile, scaffolder segera menyiapkan scaffolding untuk persiapan fit-up. Patut diperhitungkan agar level lantai scaffolding sedekat mungkin dengan level joint platform leg, namun tetap memberikan ruang bagi welder untuk tetap bisa mengelas dengan nyaman. Pengalaman saya jarak paling baik adalah 1 meter dari welding joint.

Kenyataan yang tidak dapat dipungkiri (halah) adalah permukaan platform leg dan pile tidak selalu lurus (inline straight). Oleh karena itu diperlukan tindakan khusus (halah) untuk membuat lurus leg dan pile ini agar root welding bisa dilakukan. Yang kami lakukan dilapangan adalah men-jack pile untuk mengikuti posisi leg. Digaris bawahi, yang masih bisa digeser atau dibending bentuknya adalah pile-nya, bukan platform legnya. Setelah permukaan leg dan pile dirasa sudah straight, maka segera ditack weld dan diroot. Selanjutnya, jelas fill weld dan cap weld.

Oya, untuk mempercepat proses, ada baiknya dipersiapkan Welding Procedure Specification (WPS) yang applicable untuk single bevel saja. Pekerjaan bevelling, apalagi manual dilapangan sedikit banyak cukup menyita waktu.

Dan inilah bentuk platform ketika seluruh proses welding leg dengan pile selesai.

Set up platform

8. Instalasi platform accessories

Langkah selanjutnya adalah pemasangan aksesoris platform seperti : Gin pole, Boat landing, Ladder, Hatch cover, Walkway.

Yang tak kalah penting adalah instalasi escape post untuk persiapan rig masuk.

9. Instalasi piping dan pipeline

Apabila step 8 diatas selesai, urusan instalasi platform bisa dikatakan selesai 50%. 50% setelahnya adalah instalasi pipeline yang meliputi : Gas line, Flow line (short string dan long string), dan line yang menuju burn pit.

Semoga bermanfaat!

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s