Al Baqarah 197. Bulan-bulan haji

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ ۚ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

حج اشهرمعلومات
“(musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi”

Sebagian ahli bahasa Arab berpendapat bahwa haji itu adalah haji pada bulan-bulan yang dimakIumi. Jadi sah-sah saja melakukan ihram sepanjang tahun. Pendapat ini dikeluarkan juga oleh madzab Imam Malik, Abu Hanifah, Hanbali, dan Ishaq bin Rahawaih.

Sedangkan Imam Syafi’i berpendapat bahwa haji tidak sah keuali di bulan-bulan haji. Tentang bulan haji, maka Al Bukhari meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar: yaitu bulan Syawwal, Dzulqo’dah, dan sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Sanad hadist ini shahih.

فلا رفث
Maka tidak boleh Rafats

Barangsiapa berihram untuk umrah atau haji, maka diharamkan untuk berhubungan badan.Termasuk juga hal-hal yang dapat mengantarkan kepada Rafats, misalnya membicarakannya di hadapan wanita, pelukan, ciuman, dan yang semisalnya.

Wallahu A’lam bisshawab

Senipah, 4/1/16
Akan direvisi jika diperlukan/ada masukan.
Ditulis dengan modifikasi seperlunya dr Tafsir Ibnu Katsir terbitan Pustaka Imam Assyafii halaman 383-388)

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s