Mengurus Roya Tanah di BPN Sidoarjo Sangat Mudah! (Pengalaman Pribadi)

Berawal dari lunasnya (Alhamdulillah) KPR rumah dari bank BC*, ternyata prosesnya masih ada buntutnya. Kirain selesai pelunasan langsung terima Surat SHM atas nama kita. Memang suratnya sudah atas nama kita, tp dibawahnya masih ada tulisan : tanah tertanggung di bank sebagai jaminan. Nah tulisan inilah yang akan kita roya. Roya alias mencoret tulisan tersebut di surat. Ya. Cuma nyoret aja.

Sebetulnya saya paling malas ngurus sendiri urusan sipil begini. Karena sejenis sama urus KTP, KK, surat xyz yang mbulet dan ruwetnya minta ampun. Sempat terpikir untuk menggunakan jasa calo atau notaris, tp batal karena overbudget. Hehehe. 1 juta. Jadi setelah cari-cari referensi, saya putuskan untuk mengurus sendiri. 

Berikut langkah-langkahnya.

1. Siapkan dokumen :

A. Surat tanah, IMB

B. Surat keterangan lunas dari bank

C. Surat pengantar roya dari bank

D. KTP dan KK asli. KTP difotocopy 3 kali untuk dilegalisir.

2. Datang ke kantor BPN. Ambil formulir untuk roya. Satpam disamping pintu akan membantu anda.

3. Setelah ada formulir, langsung menuju ke koperasi karyawan BPN untuk beli MAP roya. Harga 12.000. Bisa juga fotocopy KTP disini.

3. Selanjutnya datang ke notaris didepan kantor BPN untuk legalisir KTP. Tunjukkan map isi formulir, KTP&KK asli, lalu serahkan 3 copy KTP ke petugas notarisnya. Petugas akan langsung stempel dan mengisikan formulir buat kita. Ongkosnya 30.000

4. Langsung balik ke kantor BPN. Tanya satpam untuk antrian URUS ROYA SENDIRI di loket 6.

Seperti ini penampakannya. Antriannya cuma 1 orang didepan saya. Padahal diloket lain yang diurusin sama calo atau notaris antriannya bejibun. Karena mereka bawa bendelan puluhan orang yang mau roya atau urusan lainnya. Seperti foto dibawah ini.

Setelah masuk dan interview bentar, sama petugasnya dikasih surat perintah bayar roya. Oya disini akan diminta fotocopy ktp yg sudah dilegalisir 2 buah, formulir yg telah diisi dan semua dokumen lainnya.

5. Ambil antrian di satpam untuk bayar roya di loket pembayaran. Catatan penting : diloket ini meskipun kita pake kertas antrian, nomernya gak berlaku. Saya sudah nungguin lama, diserobot calo atau pegawai notaris mulu. Mereka bawa segebok dokumen. Jadi, langsung aja maju ke meja kasir. Kasih dokumen anda lalu bayar 50.000. Setelah itu tunggu panggilan kira2 10 menit.

6. Petugas akan memberikan kuitansi dan dokumen untuk pengambilan surat SHM yang sudah diroya. Kita biasanya disuruh kembali lagi 2-3 minggu kemudian. Nah syarat untuk ngambil surat SHM ini nanti adalah kuitansi, dokumen dan 1 biji fotokopi KTP yang sudah dilegalisir tadi.

7. 2-3 kemudian kembali lagi ke BPN buat ambil SHM yang sudah diroya/dicoret. Langsung ke meja satpam untuk pencet ambil antrian. Antrian disini berlaku lho. Dipanggil urut per antrian. Sayangnya ketika jam 14.00 layar antrian dimatikan, jadi sisa2 orang yang lagi antri rebutan buat maju ke meja penyerahan. Inilah saat paling menyebalkan, saat nomer antrian saya kurang 2 lagi, 2 orang dgn no urut jauh dibelakang saya tiba2 dipanggil oleh petugas untuk maju dulu. Saya protes lalu saya tunjukkan no antrian saya. Petugasnya capek mungkin. Tapi tugas negara harus profesional dong. Setelah saya protes akhirnya saya didahulukan.

Pendek kata, diakhir siang akhirnya saya dapatkan SHM atas nama sendiri tanpa bantuan notaris atau calo. Hehehe

Gampang khan?

Berikut ringkasan biayanya :

1. Beli map 12.000

2. Fotokopi ktp 1.000

3. Legalisir KTP 30.000

4. Bayar roya 50.000

Total 93.000 (bandingkan sama bayar notaris 1jt)

Kemudian berikut waktu yang dihabiskan untuk mengurus roya ini.

1. Beli map 5 menit

2. Legalisir ktp dan isi formulir 15 menit

3. Antri interview 10 menit

4. Interview 5 menit

5. Bayar roya dan tunggu panggilan 15 menit

6. Antri ambil berkas SHM yg sudah diroya 1.30 menit

Total waktu 2.20 menit.

Semoga bermanfaat!!

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

2 thoughts on “Mengurus Roya Tanah di BPN Sidoarjo Sangat Mudah! (Pengalaman Pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s