Mendefinisikan Allah, mencari kebenaran Asy’ariyah (1)

Sekitar 2 tahun yang lalu, seorang penceramah di masjid NPU, tempat saya bekerja menyatakan bahwa seorang yang berpaham Asy’ariyah – Maturidiyah adalah orang yang tersesat dan menyesatkan. Penceramah ini kemudian melanjutkan bahwa paham Asy’ariyah – Maturidiyah ini ditolak oleh ulama Ahlussunnah Waljama’ah karena paham ini menolak sifat-sifat Allah seperti bersemayam di Arsy, menolak ayat-ayat Alquran dengan memalingkan maknanya (mentakwil), menetapkan 20 sifat Allah, menetapkan malaikat hanya punya nama 10 dan meyakini bahwa Allah ada dimana mana.

Saat itu, saya diam seribu bahasa. Kaget, sedih, sekaligus penasaran. Ternyata saya penganut aliran sesat!. Saya dibesarkan dengan ajaran-ajaran Asy’ariyah. Ketika dipondok saya belajar kitab Aqidatul Awam, diajari 20 sifat Allah dan sifat2 nabi. Sepanjang hidup saya merasa cukup mengerti tentang Allah tanpa merasa bingung. Saya melaksanakan rukun iman dan islam semampu saya. Namun malam itu semuanya seakan buyar. Ternyata hal seperti ini, kepercayaan yang sudah mengakar pada diri saya, ternyata salah total!

Sifat 20 sesat. Tidak ada dalilnya

Allah dimana mana. Sesat

Tauhid itu Ilahiyah, Rububiyah, asma wa shifat. Selain itu sesat.

Saya memang sering ikut kajian dengan ustad yang suka mengutip hadist untuk kemudian membid’ahkan amalan muslim yang lain. Tapi baru kali ini saya menghadiri pengajian yang membahas tentag akidah ini.

Maka sejak hari itu, entah ini penting atau tidak penting, saya mulai mempelajari pendapat dari pada Alim yang sering berdiskusi dunia nyata dan dunia maya. Apakah saya benar benar tersesat?

* bersambung ke bagian dua. Mendefinisikan Allah, mencari kebenaran Asy’ariyah (2)

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s