Tafsir Al-Quran, binatang itu ulama (?)

Meski viral, ternyata bahasan ilmiah mengenai tafsir surat al Fatir 28 ala saudara muslim saya sugik nur atau gus nur (yang gelar gusnya sering dipertanyakan netizen) ini ternyata hanya baru sampai banyaknya cacian terhadapnya. Mungkin inilah bencana sesungguhnya. Populer, tapi jika salah tidak ada yang membenarkan.. naudzubillahi min dzalik

Berikut saya kutip surat Al Fathir 28.

وَمِنَ ٱلنَّاسِ وَٱلدَّوَاۤبِّ وَٱلۡأَنۡعَـٰمِ مُخۡتَلِفٌ أَلۡوَ ٰ⁠نُهُۥ كَذَ ٰ⁠لِكَۗ إِنَّمَا یَخۡشَى ٱللَّهَ مِنۡ عِبَادِهِ ٱلۡعُلَمَـٰۤؤُا۟ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِیزٌ غَفُورٌ

Terjemahannya : Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Maha Pengampun.

Berdasar ayat diatas, dia menyimpulkan bahwa ayam, ular, kambing, sapi dan hewan2 lainnya yang takut kepada Allah adalah ulama. Jadi ulama tidak hanya dari kalangan manusia. Hewan pun ada yang ulama selama dia takut pada Allah.

Kesimpulan ini dapat dipastikan salah karena dua alasan. Wau ‘athof awal adalah athof takhsis. Yang berfungsi mengkhususkan manusia dalam konteks ayat ini. Sedangkan wau ‘athof setelah kata الناس tidak dimaksudkan untuk mensejajarkan manusia dengan الدواب dan الانعم yang tidak berakal, namun menjelaskan bahwa manusia itu bermacam macam, seperti makhluk lainnya. Hal ini dibuktikan dengan waqof di kata كذلك (seperti itu)

Ilham (2020) menuliskan ide tersebut dengan kalimat yang lebih mudah sebagai berikut.


ومن الناس مختلف ألوانه، وكذلك الدواب والأنعام

Dan manusia itu bermacam-macam warnanya (jenisnya), seperti hewan yang bergerak dan ternak

Wallahu a’lam.

Referensi

Ilham, N. F. Dikutip dari https://numojokerto.or.id/2020/02/29/benarkah-binatangjuga-bisa-disebut-ulama1418/

Idanisme

Bapak (baru) satu putra yang kadang kadang nulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s